Senin, 05 Januari 2015

Mobil Listrik Berbahan Kayu di Cina Melaju 50 Km/Jam.


 Mobil Listrik Bahan Kayu 
Liu Fulong warga Shenyang, Provinsi Liaoning, China membuat mobil listrik dengan bodi berbahan kayu. Mobil berbentuk MPV itu bisa berjalan menggunakan mesin listrik.

 
Fulong memahat sendiri kayu serta memasangkannya ke sasis yang terbuat dari besi. Panjangnya 2,5 meter, lebar 1,3 meter, serta bobotnya mencapai 350 kilogram. Mobil tersebut bisa mencapai kecepatan maksimum 50 km/jam.

Fulong memasangkan mesin bertenaga listrik. Cukup unik, bila mobil listrik pada umumnya berdesain futuristik serta terbuat dari bahan serat karbon yang ringan, namun mobil Fulong ini terbuat dari kayu.

Dia juga memasangkan empat misil yakni dua di depan masing-masing sisi kiri dan kanan serta atas mobil. Sebuah radar juga terpasang di atap mobil tersebut. Memang bukan misil dan radar asli, namun posisinya mudah dilihat cukup menarik perhatian. Ia mengaku menghabiskan 20 ribu yuan atau sekira Rp 40 juta untuk membuat mobil itu. Baca Mobil Listrik bahan Kayu.

Pria 48 tahun lulusan sekolah dasar tersebut butuh waktu lebih dari tiga bulan untuk menyelesaikan karyanya tersebut dengan biaya yang dikeluarkan sebanyak 20 ribu yuan atau sekitar Rp 40 juta. Mobil listrik kayu tersebut bisa mencapai kecepatan hingga 30 km/jam, dan bisa menempuh hingga 20 km jika baterai terisi penuh.

Tak hanya berbahan kayu, untuk memberikan tampilan lebih, Liu pun memberikan aksesori berupa beberapa peluru kendali yang ditempatkan di beberapa bagian, mulai dari depan, atap dan belakang. Liu juga memberikan dua ban cadangan tambahan yang masing-masing disimpan di sisi kiri dan kanan bodi mobil.

Mobil bahan kayu ini mengingatkan tentang pengrajin asal Boyolali, Jawa Tengah, yang mampu membuat replika mobil tercepat sejagad, Bugatti Veyron. Sang pemilik bengkel, Eko Lukistyanto, mengatakan bahwa dia sudah lama berkecimpung dalam bidang pembuatan miniatur kendaraan, baik roda dua maupun empat. Di dalam bengkel, Eko mempekerjakan sejumlah pegawai yang menurutnya masing-masing memiliki keahlian khusus untuk mengerjakan replika mobil kayu, mulai dari tukang kayu hingga tukang cat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar