Minggu, 22 Februari 2015

Atasi Pencemaran, Warga Olah Limbah Tahu Jadi Biogas

Tumbuhnya ratusan usaha produksi tahu berdampak pencemaran lingkungan di Desa Kalisari, Banyumas, Jawa Tengah. Setiap hari puluhan ribu liter limbah cair industri tahu dibuang ke sungai. Limbah cair merusak ekosistem sungai. Bau menyengat yang ditimbulkan juga sangat mengganggu warga.

Namun sejak 5 tahun silam, masalah limbah perlahan sirna. Berawal sejak berdirinya unit pengolahan limbah cair industri tahu menjadi biogas atau biolita, atas prakarsa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Hingga kini sudah dibangun 4 unit pengolahan dibangun di Desa Kalisari untuk menampung puluhan ribu liter limbah cair yang dihasilkan 243 perajin tahu.

Dari ratusan perajin tahu, limbah cair dialirkan menggunakan pipa menuju instalasi biolita. Setelah diendapkan selama sehari, limbah kemudian menjalani proses pembusukan dan penguraian sebelum akhirnya diubah menjadi gas metan. Dari satu unit pengolahan limbah, bisa dihasilkan sekitar 400 liter gas metan per hari untuk dialirkan ke rumah-rumah warga. Seperti dikutip dalam Detik.com, Senin (23/2). (ws/ok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar